Senin, 01 Oktober 2012

Makalah Strategi Belajar Mengajar



BAB 1

PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang


       Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Lingkungan belajar merupakan suatu sistem yang terdiri dari unsur tujuan, bahan pelajaran, strategi, alat, siswa dan guru. Semua unsur atau komponen tersebut saling berkaitan, saling mempengaruhi dan semuanya berfungsi dengan berorientasi pada tujuan. Seperti telah kita ketahui bahwa tugas utama guru ialah mengajar yang berarti membelajarkan siswa untuk mencapai tujuan tertentu atau kompetensi. Tujuan atau kompetensi itu telah dirumuskan dalam kurikulum yang berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan proses pembelajaran.
       Persoalan berikut ini adalah bagaimana melaksanakannya di dalam proses belajar mengajar atau proses pembelajaran agar tujuan atau kompetensi yang diharapkan tercapai. Dalam proses pembelajaran yang menjadi persoalan pokok ialah bagaimana memilih dan menentukan strategi pembelajaran atau strategi belajar mengajar (SBM). Strategi belajar mengajar menentukan jenis interaksi di dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang di gunakan harus menimbulkan aktivitas belajar yang baik, aktif, kreatif, efektif dan efesien, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

B.       Rumusan Masalah

Sesuai dengan pemaparan di atas di temukan beberapa rumusan masalah yaitu :
1.         Apa pengertian  strategi belajar mengajar ?
2.         Mengapa strategi penting dalam proses pembelajaran ?
3.         Apa perbedaan antara strategi, pendekatan, metode, model dan tehnik        pembelajaran ?


C.        Tujuan Pembuatan Makalah

Pembuatan makalah ini bertujuan agar mampu memahami apa itu strategi belajar mengajar, memahami pula seberapa pentingnya strategi belajar mengajar (SBM) dalam proses pembelajaran serta mengetahui perbedaan antara strategi, pendekatan, metode, model dan tehnik pembelajaran dalam proses pembelajaran



BAB 2

PEMBAHASAN

A.      Pengertian Strategi Belajar Mengajar (SBM)

       Jika kita simak istilah strategi berasal dari bahasa yunani yaitu strategos yang artinya suatu usaha untuk mencapai kemenangan dalam suatu peperangan awalnya digunakan dalam lingkungan militer namun isilah strategi digunakan dalam berbagai bidang yang memiliki esensi yang relatif sama termasuk diadopsi dalam konteks pembelajaran yang dikenal dengan istilah strategi pembelajaran
       Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegitan guru anak didik dalam perwujudan kegitan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. Atau bisa dikatakan strategi belajar mengajar merupakan suatu serangkaian rencana kegiatan yang termasuk dalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Agar Anda memperoleh pemahaman yang medalam tentang makna dan hakikat strategi pembelajaran cermatilah pengertian strategi pembelajaran ( SBM ) sebagai berikut :
Adapun beberapa pengertian strategi belajar mengajar menurut para ahli adalah sebagai berikut :
a)    Hamzah B. Uno ( 2008:45)
Strategi pembelajaran adalah merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses pembelajaran.
b)      Dick dan Carey (2005:7)
Strategi pembelajaran adalah komponen-komponen dari suatu set materi termasuk aktivitas sebelum pembelajaran, dan partisipasi peserta didik yang merupakan prosedur pembelajaran yang digunakan kegiatan selanjutnya.
c)      Suparman (1997:157)
Strategi pembelajaran adalah merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik, peralatan dan bahan,dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
d)     Gerlach dan Ely (1990)
Strategi pembelajaran adalah merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.
e)      Kemp (1995)
Stategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
f)       Hilda Taba
Strategi pembelajaran adalah pola atau urutan tongkah laku guru untuk menampung semua variabel-variabel pembelajaran secara sadar dan sistematis.
g)      Moedjiono (1993)
Strategi Pembelajaran adalah kegiatan guru untuk memikirkan dan mengupayakan terjadinya konsistensi antara aspek-aspek dari komponen pembentuk sistem pembelajaran, dimana untuk itu guru menggunakan siasat tertentu
h)      J.R David (1976) Strategi Pembelajaran adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
Ada empat strategi dasar dalam belajar mengajar yang meliputi hal-hal berikut :
1.         Menidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
2.         Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasidan pandangan hidup masyarakat.
3.         Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajar.
4.         norma-norma Menetapkan dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegitan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balikbuat penyempurnaan yang bersangkutan secara keseluruhan.[1]

B. Kedudukan Strategi Belajar Mengajar ( SBM ) Dalam Sistem Pengajaran

          Telah kita ketahui bahwa pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan dan kita berikan kepada peserta didik. Karena merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara, dan agama. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan strategi yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan.
          Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenakngkan dan tidak membosankan  Setiap strategi pembelajaran (SBM) memiliki ranah pembelajaran tersebut ada 3, yaitu: Ranah kognitif atau ranah perubahan pengetahuan; Ranah afektif atau rana perubahan sikap-perilaku ; dan Ranah psikomotorik atau ranah perubahan/peningkatan keterampilan.
          Oleh karena itu SBM merupakan komponen terpenting dalam sistem pembelajaran yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru dalam mengajar untuk memberi pemahaman peserta didik agar tujuan pembelajaran itu bisa tercapai.

C. Perbedaan Antara Strategi, Pendekatan, Metode, Model, dan Tehnik Pembelajaran.

1.         Strategi Pembelajaran
       Telah kita ketahuai dalam definisi-definisi strategi pembelajaran (SBM) dapat di simpulkan bahwa strategi pembelajaran yaitu perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
Adapun beberapa strategi pembelajaran :
Menurut Sanjaya (2007 : 177 – 286) ada beberapa strategi pembelajaran yang harus dilakukan oleh seorang guru :
2)         Strategi pembelajaran deduktif
3)         Strategi pembelajaran induktif
5)         Strategi pembelajaran kooferatif
6)         Strategi pembelajaran kontekstual CTL
7)         Strategi pembelajaran heuristik
2.         Pendekatan pembelajaran
Pendekatan pembelajaran ialah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian. Dengan demikian dapat di kemukakan bahwa pendekatan pembelajaran adalah cara memandang terhadap pembelajaran , serta cara kerja untuk memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran dan membelajarkan siswa guna membantu dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam pembelajaran di kemukakan adanya dua pendekatan utama yaitu pendekatan yang berpusat pada aktivitas guru ( teacher centered ) dan pendekatan yang berpusat pada aktivitas siswa ( students centered )

3.         Metode Pembelajaran
       Metode  secara etimologis, metode berasal dari kata “ met” dan “ hodes” yang bearti melalui. Sedangkan istilah metode adalah jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Artinya Metode pembelajaran disini yaitu cara bagaimana seorang guru agar mampu menjalankan tugasnya dengan menguasai metode-metode pembelajaran.
(1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4) simulasi; (5) laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8) debat, (9) simposium (10) Sosiodrama ,(11) latihan. (12)proyek  (13) karya wisata  (14) tanya jawab, (15) eksperimen

4.         Model Pembelajaran
       Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Joyce and Weil berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum, merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas.
Adapun model-model pembelajaran diantaranya yaitu :
1)      examples non examples
2)      picture an picture
3)      numbered heads together
4)      cooperative script
5)      kepala bernomor struktur
6)      STAD
7)      Jigsaw
8)      Artikulasi
9)      Role playing
10)   debate
dll
5.         Tehnik Pembelajaran
       Teknik Pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.

           



BAB 3

                                                                                       PENUTUP    

 KESIMPULAN

            Strategi merupakan kegiatan pembelajaran yang di harus dilakukan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran dan disertai oleh siswa agar tujuan pembelajaran dapat di capai secara efektif dan efesien. Sebab itu kedudukan strategi dalam proses pendidikan khususnya dalam dunia pendidikan dikatakan sangat penting . Oleh karena itu SBM merupakan komponen terpenting dalam sistem pembelajaran yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru dalam mengajar untuk memberi pemahaman peserta didik agar tujuan pembelajaran itu bisa tercapai. Akan tanpa tetapi dalam kegiatan strategi bila tidak di dampingi oleh komponen-komponen kurikulun seperti pendekatan, metode, model, tehnik, dan lain sebagainya, proses pembelajaran yang di lakukan oleh guru terhadap siswanya tidak akan berjalan efektif dan efesian. Oleh karena itu guru harus dan di wajibkan untuk menguasai hal-hal tersebut.


 DAFTAR PUSTAKA


Anitah sri. 2007. “ Strategi Pembelajaran di SD ”. Jakarta : Universitas Terbuka
Bahri syaeful dan Zain Aswan. 2006. “Strategi Belajar mengajar”. Jakarta : Rineka Cipta
Rusman. 2009. “ Manajemen Kurikulum”. Jakarta : Rajawali Pers


[1] Drs. Syaiful Bahri Djamarah , Drs. Aswan Zain . Strategi Belajar Mengajar. Cet 3 . Agustus 2006. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

3 komentar:

  1. Maaf gan komen dikit tulisannya jangan pakai warna biru dong.....makasih ya.....

    BalasHapus
  2. izin copy makalahnya...moga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. izin copy kesimpulannya yaa. blognya bagus:)

    BalasHapus