BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pembelajaran adalah proses interaksi
peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Lingkungan belajar merupakan suatu sistem yang terdiri dari unsur tujuan, bahan
pelajaran, strategi, alat, siswa dan guru. Semua unsur atau komponen tersebut
saling berkaitan, saling mempengaruhi dan semuanya berfungsi dengan
berorientasi pada tujuan. Seperti telah kita ketahui bahwa tugas utama guru
ialah mengajar yang berarti membelajarkan siswa untuk mencapai tujuan tertentu
atau kompetensi. Tujuan atau kompetensi itu telah dirumuskan dalam kurikulum
yang berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan proses pembelajaran.
Persoalan berikut ini adalah bagaimana melaksanakannya
di dalam proses belajar mengajar atau proses pembelajaran agar tujuan atau
kompetensi yang diharapkan tercapai. Dalam proses pembelajaran yang menjadi
persoalan pokok ialah bagaimana memilih dan menentukan strategi pembelajaran
atau strategi belajar mengajar (SBM). Strategi belajar mengajar menentukan
jenis interaksi di dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang di gunakan
harus menimbulkan aktivitas belajar yang baik, aktif, kreatif, efektif dan
efesien, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
B. Rumusan Masalah
Sesuai
dengan pemaparan di atas di temukan beberapa rumusan masalah yaitu :
1.
Apa
pengertian strategi belajar mengajar ?
2.
Mengapa
strategi penting dalam proses pembelajaran ?
3.
Apa
perbedaan antara strategi, pendekatan, metode, model dan tehnik pembelajaran ?
C. Tujuan Pembuatan Makalah
Pembuatan
makalah ini bertujuan agar mampu memahami apa itu strategi belajar mengajar,
memahami pula seberapa pentingnya strategi belajar mengajar (SBM) dalam proses
pembelajaran serta mengetahui perbedaan antara strategi, pendekatan, metode,
model dan tehnik pembelajaran dalam proses pembelajaran
BAB 2
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Strategi Belajar Mengajar (SBM)
Jika kita simak istilah
strategi berasal dari bahasa yunani yaitu strategos yang
artinya suatu usaha untuk mencapai kemenangan dalam suatu peperangan awalnya
digunakan dalam lingkungan militer namun isilah strategi digunakan dalam
berbagai bidang yang memiliki esensi yang relatif sama termasuk diadopsi dalam
konteks pembelajaran yang dikenal dengan istilah strategi pembelajaran
Secara umum strategi
mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak
dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar
mengajar, strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegitan guru anak
didik dalam perwujudan kegitan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang
telah digariskan. Atau bisa dikatakan strategi belajar mengajar merupakan suatu
serangkaian rencana kegiatan yang termasuk dalamnya penggunaan metode dan
pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Agar
Anda memperoleh pemahaman yang medalam tentang makna dan hakikat strategi
pembelajaran cermatilah pengertian strategi pembelajaran ( SBM ) sebagai berikut :
Adapun beberapa
pengertian strategi belajar mengajar menurut para ahli adalah sebagai berikut :
a)
Hamzah
B. Uno ( 2008:45)
Strategi
pembelajaran adalah merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses
pembelajaran.
b)
Dick
dan Carey (2005:7)
Strategi
pembelajaran adalah komponen-komponen dari suatu set materi termasuk aktivitas
sebelum pembelajaran, dan partisipasi peserta didik yang merupakan prosedur
pembelajaran yang digunakan kegiatan selanjutnya.
c)
Suparman
(1997:157)
Strategi
pembelajaran adalah merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara mengorganisasikan
materi pelajaran peserta didik, peralatan dan bahan,dan waktu yang digunakan
dalam proses pembelajran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditentukan.
d)
Gerlach
dan Ely (1990)
Strategi
pembelajaran adalah merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode
pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.
e)
Kemp
(1995)
Stategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus
dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif
dan efisien.
f)
Hilda
Taba
Strategi pembelajaran adalah pola atau urutan tongkah laku guru
untuk menampung semua variabel-variabel pembelajaran secara sadar dan
sistematis.
g)
Moedjiono
(1993)
Strategi Pembelajaran adalah kegiatan guru untuk memikirkan dan
mengupayakan terjadinya konsistensi antara aspek-aspek dari komponen pembentuk
sistem pembelajaran, dimana untuk itu guru menggunakan siasat tertentu
h)
J.R
David (1976) Strategi Pembelajaran adalah perencanaan yang berisi tentang
rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
Ada empat strategi dasar dalam
belajar mengajar yang meliputi hal-hal berikut :
1.
Menidentifikasi
serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan
kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
2.
Memilih
sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasidan pandangan hidup
masyarakat.
3.
Memilih
dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap
paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan
kegiatan mengajar.
4.
norma-norma
Menetapkan dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar
keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan
evaluasi hasil kegitan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan
balikbuat penyempurnaan yang bersangkutan secara keseluruhan.[1]
B.
Kedudukan Strategi Belajar Mengajar ( SBM ) Dalam Sistem Pengajaran
Telah kita ketahui bahwa pembelajaran
adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan dan kita berikan kepada
peserta didik. Karena merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang
cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang
tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara, dan agama. Melihat
peran yang begitu vital, maka menerapkan strategi yang efektif dan efisien
adalah sebuah keharusan.
Dengan harapan proses belajar mengajar
akan berjalan menyenakngkan dan tidak membosankan Setiap strategi pembelajaran (SBM) memiliki ranah
pembelajaran tersebut ada 3, yaitu: Ranah kognitif atau ranah perubahan
pengetahuan; Ranah afektif atau rana perubahan sikap-perilaku ; dan Ranah
psikomotorik atau ranah perubahan/peningkatan keterampilan.
Oleh karena itu SBM merupakan komponen
terpenting dalam sistem pembelajaran yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh
seorang guru dalam mengajar untuk memberi pemahaman peserta didik agar tujuan
pembelajaran itu bisa tercapai.
C. Perbedaan Antara Strategi, Pendekatan, Metode, Model, dan Tehnik Pembelajaran.
1.
Strategi Pembelajaran
Telah
kita ketahuai dalam definisi-definisi strategi pembelajaran (SBM) dapat di
simpulkan bahwa strategi pembelajaran yaitu perencanaan yang berisi
tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu
Adapun beberapa
strategi pembelajaran :
Menurut
Sanjaya (2007 : 177 – 286) ada beberapa strategi pembelajaran yang
harus dilakukan oleh seorang guru :
5)
Strategi pembelajaran kooferatif
6)
Strategi pembelajaran kontekstual
CTL
7)
Strategi pembelajaran heuristik
2.
Pendekatan pembelajaran
Pendekatan pembelajaran ialah cara umum dalam
memandang permasalahan atau objek kajian. Dengan demikian dapat di kemukakan
bahwa pendekatan pembelajaran adalah cara memandang terhadap pembelajaran ,
serta cara kerja untuk memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran dan
membelajarkan siswa guna membantu dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam pembelajaran di kemukakan adanya dua pendekatan utama yaitu pendekatan
yang berpusat pada aktivitas guru ( teacher centered ) dan pendekatan yang berpusat
pada aktivitas siswa ( students centered )
3.
Metode Pembelajaran
Metode secara etimologis, metode berasal dari kata “
met” dan “ hodes” yang bearti melalui. Sedangkan istilah metode adalah jalan
atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Artinya Metode
pembelajaran disini yaitu cara bagaimana seorang guru agar mampu menjalankan
tugasnya dengan menguasai metode-metode pembelajaran.
(1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4)
simulasi; (5) laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8)
debat, (9) simposium (10) Sosiodrama ,(11) latihan. (12)proyek (13) karya wisata (14) tanya jawab, (15) eksperimen
4.
Model Pembelajaran
Model
pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari
awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Joyce and Weil
berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat
digunakan untuk membentuk kurikulum, merancang bahan-bahan pembelajaran, dan
membimbing pembelajaran di kelas.
Adapun
model-model pembelajaran diantaranya yaitu :
1)
examples
non examples
2)
picture
an picture
3)
numbered
heads together
4)
cooperative
script
5)
kepala
bernomor struktur
6)
STAD
7)
Jigsaw
8)
Artikulasi
9)
Role
playing
10)
debate
dll
5.
Tehnik
Pembelajaran
Teknik Pembelajaran dapat diartikan
sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode
secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah
siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara
teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah
siswanya terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu
digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan
kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat
berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.
BAB 3
PENUTUP
KESIMPULAN
Strategi
merupakan kegiatan pembelajaran yang di harus dilakukan oleh seorang guru dalam
proses pembelajaran dan disertai oleh siswa agar tujuan pembelajaran dapat di
capai secara efektif dan efesien. Sebab itu kedudukan strategi dalam proses
pendidikan khususnya dalam dunia pendidikan dikatakan sangat penting . Oleh
karena itu SBM merupakan komponen terpenting dalam sistem pembelajaran yaitu
suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru dalam mengajar untuk memberi
pemahaman peserta didik agar tujuan pembelajaran itu bisa tercapai. Akan tanpa
tetapi dalam kegiatan strategi bila tidak di dampingi oleh komponen-komponen
kurikulun seperti pendekatan, metode, model, tehnik, dan lain sebagainya,
proses pembelajaran yang di lakukan oleh guru terhadap siswanya tidak akan
berjalan efektif dan efesian. Oleh karena itu guru harus dan di wajibkan untuk
menguasai hal-hal tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Anitah sri. 2007. “ Strategi
Pembelajaran di SD ”. Jakarta : Universitas Terbuka
Bahri syaeful dan Zain Aswan. 2006. “Strategi
Belajar mengajar”. Jakarta : Rineka Cipta
Rusman. 2009. “ Manajemen
Kurikulum”. Jakarta : Rajawali Pers
[1] Drs. Syaiful Bahri
Djamarah , Drs. Aswan Zain . Strategi Belajar Mengajar. Cet 3 . Agustus
2006. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Maaf gan komen dikit tulisannya jangan pakai warna biru dong.....makasih ya.....
BalasHapusizin copy makalahnya...moga bermanfaat.
BalasHapusizin copy kesimpulannya yaa. blognya bagus:)
BalasHapusMaaf, izin copy makalahnya
BalasHapusizin copy paste ya... kak buat tugas
BalasHapus